Welcome to the Blog of your trusted cultural and tourism ambassador!

Saturday, April 3, 2010

Bang Foke, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Canangkan Jakarta Utara sebagai Etalase Wisata DKI Jakarta



Jakarta.go.id - Banyaknya potensi wisata laut dan gedung cagar budaya di Jakarta Utara membuat Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara mencari cara agar dikenal di Indonesia dan mancanegara. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu menggelar Festival Wisata Pesisir. Ternyata kerja keras tersebut membuahkan hasil. Buktinya Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo langsung mencanangkan Jakut sebagai etalase wisata Jakarta.

Apalagi dengan diselenggarakan Festival Wisata Pesisir, diharapkan mampu mengundang wisatawan mancanegara dan lokal untuk datang ke Jakarta. Kendati begitu, gubernur berharap masyarakat ikut membantu mempromosikan Jakut sebagai destinasi internasional karena masyarakat juga yang akan menikmati hasilnya.

Pria yang akrab disapa Foke itu mengatakan, Jakarta Utara merupakan satu-satunya kota Administrasi yang memiliki pesisir dengan panjang 35 kilometer. Dari pesisir itu banyak terdapat potensi wisata seperti, wisata budaya, religi, serta kuliner. "Banyak potensi wisata yang dimiliki, kalau bukan masyarakatnya yang ikut mempromosikan, siapa lagi?," tanya gubernur kepada peserta dan pengunjung Festival Wisata Pesisir, di Halaman Gedung Pelatihan Dayung Bahtera Jaya, Ancol Timur, Pademangan, Minggu (26/7) sore.

Foke meyakini, 12 destinasi wisata pesisir seperti, Pasar Ikan Muara Angke, Hutan Bakau Muara Angke, Pelabuhan Sunda Kelapa, Taman Impian Jaya Ancol, Pusat Perbelanjaan Mangga Dua, Stasiun Kereta Tanjung Priok, Bahtera Jaya, Rumah Si Pitung, Kampung Tugu, memiliki keunikan dan sarat dengan nuansa sejarah budaya Jakarta. "Jika dikelola dengan baik, 12 destinasi bisa menguntungkan masyarakat juga," tukasnya.

Dia bangga dengan festival yang baru pertama kali dilaksanakan ini, apalagi inisiatif datang dari Pemkot Jakut dengan dukungan masyarakat. Untuk itu, Foke mencanangkan Jakarta Utara sebagai etalasenya kota Jakarta. "Kalau toko tidak ada etalase akan tidak laku. Untuk itu, agar Jakarta laku maka harus ada etalasenya dan Jakarta Utara yang tepat menjadi etalase karena Jakut merupakan gerbangnya kota jakarta," ujar Foke.

Festival yang dimulai sejak pukul 10.00 juga diramaikan oleh sejumlah atraksi seperti lomba lukis, mewarnai, apresiasi olahan hasil peternakan dan perikanan, kontes ikan cupang, menghias akuarium, dan lomba pijat bagi tuna netra. Festival ini juga dimeriahkan dengan puluhan stand yang memamerkan produk unggulan pesisir seperti kerajinan tangan, makanan pesisir, dan produk unggulan.

Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono, mengatakan festival wisata pesisir dan pencanangan jalur destinasi wisata Jakarta Utara merupakan upaya Pemkot untuk menggali dan mengoptimalkan potensi wisata yang ada. Karena pada dasarnya, sambung Bambang, potensi itu dapat menjadi sumber ekonomi bagi warga Jakut bila dikelola dengan baik.

"Festival ini bertujuan memperkenalkan potensi dari destinasi wisata pesisir di Jakarta Utara. Diharapkan ke depan Jakarta Utara dapat tampil menjadi wilayah yang menawarkan beragam objek wisata sehingga menjadi andalan wisata di Jakarta," ungkap Bambang. Rencananya, festival ini akan menjadi kalender tetap promosi wisata di Jakarta Utara.

Dalam acara tersebut, Gubernur DKI tiba di dermaga sandar Bahtera Jaya tepat pukul 16.03 dan langsung menaiki KM Bidadari melihat 12 destinasi wisata pesisir bersama Walikota Jakut, Bambang Sugiyono. Gubernur sempat terperanjat dengan aksi suara merdu dan puisi yang dibawakan oleh paduan suara kumpulan anak jalanan, serta disambung dengan tarian tradisional Betawi.

Selanjutnya, gubernur disuguhi beragam atraksi seni seperti tarian kolaborasi budaya nasional yang identik memengaruhi budaya pesisir seperti, budaya Melayu, Bugis, dan Dayak. Dalam kesempatan itu, gubernur diperkenankan menyerahkan secara simbolis bantuan sosial dari PT Pelindo II berupa 50 kursi roda, 362 beasiswa pendidikan, serta bantuan uang Rp 1,7 miliar bagi pembanguan Masjid Al-Husna Jl Enggano, Tanjungpriok.


Yours sincerely,
Abang & None Jakarta Utara

No comments:

Post a Comment